Digitalisasi Memaksa Masyarakat Beradaptasi dan Cakap Menggunakan TI

0 0

Wecome Kredigi di Portal Ini!

Read Time:1 Minute, 38 Second

Kredigi – JAKARTA – Digitalisasi memaksa masyarakat untuk terus beradaptasi agar terampil dalam memanfaatkan teknologi informasi (TI). Digitalisasi Memaksa Masyarakat Beradaptasi dan Cakap Menggunakan TI

Kemudahan akses informasi membuka peluang masyarakat untuk berkomunikasi satu sama lain dalam jarak yang lebih jauh.

BACA LEBIH LANJUT: AMG memantapkan dirinya sebagai perusahaan media berbasis teknologi

Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran bahwa penggunaan teknologi ini dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat. Apple Vision Pro Booming, Pasar Headset Virtual Makin Kompetitif

“Jika menggunakan media sosial, sebaiknya posting yang penting, bukan yang penting, agar lingkungan digital tetap terjaga keamanan dan keharmonisannya,” kata penggiat literasi digital Relawan ICT Luq Yana Chaerunnisa dalam keterangannya, Senin (4/4). ) 12).

BACA LEBIH LANJUT: Teknologi Implant Aligner, solusi implan gigi non-bedah yang terjangkau

Luq melanjutkan, etika digital dapat menjadi dasar pembahasan permasalahan etika yang timbul dari penggunaan teknologi digital, termasuk penerapan prinsip etika dalam pengambilan keputusan dan tindakan terkait teknologi digital.

Ia menyebutkan sejumlah isu yang mempengaruhi etika digital, antara lain privasi di internet, keamanan data, kebebasan berekspresi online, perlindungan anak di lingkungan digital, dan non-diskriminasi dalam akses teknologi.

BACA JUGA: Mbak Rerie ajak generasi muda tingkatkan pendidikan digital menghadapi era globalisasi

Etika digital juga mencakup pertimbangan etis dalam pengembangan teknologi baru, seperti kecerdasan buatan (AI), penggunaan data besar, dan teknologi terkait keamanan siber.

Menurutnya, konsep perilaku digital menjadi sangat penting dalam masyarakat saat ini, dimana kehidupan sehari-hari sangat bergantung pada teknologi digital.

“(Keberadaan) etika digital membantu memandu dalam mengambil keputusan yang bertanggung jawab dan etis dalam penggunaan teknologi ini,” kata Luq dalam pidatonya tentang etika dan budaya digital pada lokakarya Literasi Digital di Kecamatan Ujung Batu, Rokan Hulu baru-baru ini.

Narasumber lainnya, Abbas Abdurrahman, menjelaskan pentingnya pemahaman dan kemampuan berkomunikasi di dunia digital.

“Seiring kemajuan teknologi, hampir semuanya kini sudah terdigitalisasi, sehingga semakin penting kita terus belajar agar bisa beradaptasi dengan perkembangan digital tersebut,” kata Abbas. Digitalisasi Memaksa Masyarakat Beradaptasi dan Cakap Menggunakan TI

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa literasi digital mengacu pada keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk berfungsi secara efektif di dunia digital.

Hal ini mencakup berbagai keterampilan, dimulai dengan keterampilan dasar seperti menggunakan komputer dan internet. (esy/jpnn)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%